Jumat, 24 Agustus 2012

Mengapa Memilih Fakultas Teknik ??




MENGAPA MEMILIH FAKULTAS TEKNIK??

Saya mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Sumatera Utara atau lebih akrab dengan nama “USU”.  Saya memilih USU karena menurut saya USU adalah salah satu universitas terbaik dan menjadi barometer di sumatera dan juga banyak saudara-saudara saya yang kuliah di USU. Saya merasa kualitas USU tidak kalah dengan universitas di jawa karena saya dengar banyak alumni-alumni dari USU yang sudah sukses di dunia pekerjaan. Mengapa saya memilih fakultas teknik? Nah, ada beberapa alasan mengapa saya memilih fakultas teknik tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan tentang fakultas teknik, khususnya teknik elektro. Teknik elektro (electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik dan perangkatnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Alasan pertama saya masuk fakultas teknik adalah karena cita-cita saya sejak SMA. Hal ini timbul karena semenjak kecil sampai sekarang saya sangat suka dengan pelajaran matematika, tetapi ketika duduk dibangku SMA kelas 1 saya tidak suka dengan pelajaran fisika karena menurut saya fisika itu rumit dan bertele-tele. Namun ketika saya duduk dibangku kelas 2 SMA, saya mulai merasa bahwa fisika itu ternyata penting dan harus saya pahami. Saya teringat dengan perkataan guru saya bahwa tidak ada gunanya jika kita hanya menguasai satu atau beberapa mata pelajaran saja. Lalu saya mengikuti les privat fisika. Setelah beberapa bulan belajar, saya merasa bahwa saya mulai menyukai fisika karena guru saya mengajar dengan metode yang baik dan menyenangkan sehingga saya dapat mengerti dengan mudah pelajaran fisika. Guru privat saya juga tak henti-hentinya memberi motivasi kepada saya yang menambah semangat. Sampai di kelas 3 SMA, saya semakin menyukai Fisika karena disamping hitungannya banyak, prakteknya juga banyak dan menyenangkan karena aplikasi fisika sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, ditambah lagi guru nya yang asyik. Sejak saat itu saya langsung berniat kuliah di fakultas teknik, khususnya teknik elektro.
Alasan kedua, yaitu karena Fakultas teknik khususnya teknik elektro memiliki prospek yang lebih baik dan lebih menjanjikan. Saya pernah membaca artikel di internet bahwa salah satu fakultas yang memiliki peluang kerja terbesar yaitu fakultas teknik, terutama teknik elektro. Selain itu, menurut informasi teknik elektro sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar/instansi pemerintahan seperti Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo, industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan instrumentasi kendali. Keunggulannya yaitu lulusan teknik elektro memiliki kompetensi dasar dan terapan dibidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika, dan instrumentasi. Hal itu lah yang menguatkan saya untuk memilih fakultas teknik, khususnya teknik elektro. Saya berharap setelah tamat nanti, saya bisa kerja disalah satu instansi tersebut karena menurut informasi dari keluarga kerja disana pendapatannya lumayan besar.
Alasan ketiga, yaitu abang sepupu saya (tamatan fakultas teknik) pernah bercerita bahwa teknik adalah salah satu fakultas yang menyenangkan, karena selain kita belajar kalkulus, fisika, komputer, kita juga diajari dan dituntut untuk kreatif, inovatif, logis, disiplin, dan efisien. Selain itu abang saya pernah bilang bahwa teknik itu menyenangkan, apalagi dengan praktek-prakteknya dan gak akan nyesal deh kalau masuk teknik. Abang saya juga bilang bahwa di falultas teknik kita bisa berkarya / menciptakan suatu inovasi baru baik dalam bentuk mesin, alat pendeteksi, controller, dll. Kita juga bisa bergabung dalam grup yang sifatnya positif dan berguna dalam pemecahan suatu masalah. Hal ini yang menambah rasa percaya diriku untuk memilih fakultas teknik.
Alasan ke empat, yaitu saya ingin menjadi ahli dalam bidang kelistrikan dan mampu menciptakan alternatif-alternatif dalam bidang kelistrikan yang ramah lingkungan, ekonomis, mudah digunakan, dan multi produktif. Hal ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan keterbatasan sumber energi listrik bagi daerah-daerah terpencil yang terisolir dari jangkauan listrik milik negara. Tidak adil rasanya jika kita bebas memakai listrik sedangkan masih bannyak saudara-saudara kita yang masih belum bisa memakai energi listrik dalam kehidupan sehari-harinya. Ini permasalahan yang cukup serius. Apakah negara kita bisa maju dengan kondisi seperti itu? Saya rasa tidak bisa. Kasus seperti itu sangat ironis, padahal indonesia sudah merdeka sejak 67 tahun yang lalu tetapi masih saja ada daerah yang belum mendapat aliran listrik. Apa kata dunia??? Sungguh ironis. Padahal listrik adalah salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam melakukan semua kegiatan kita dan juga menjadi suatu pertimbangan dalam kemajuan suatu negara. Disamping itu, biaya untuk memakai listrik juga sering tidak terjangkau oleh masyarakat banyak karena tidak sesuai dengan pendapatan mereka.
Nah, untuk itulah saya ingin memberi solusi atas permasalahan tersebut supaya saudara-saudara kita yang di daerah pedalaman bisa menikmati energi listrik seperti kita sekarang ini. Saya juga berharap pemerintah segera mengatasi masalah tersebut dengan baik. Alasan itulah yang semakin membulatkan tekad saya untuk memilih fakultas teknik, khususnya teknik elektro. Akhirnya pilihan saya sudah bulat dan dengan sangat yakin saya memilih fakultas teknik, khususnya teknik elektro sebagai pilihan terakhir saya tanpa ada pertimbangan-pertimbangan lagi. Nah, itulah beberapa alasan mengapa saya memilih fakultas teknik. Semoga teknik tetap berjaya. Salam teknik. Terima kasih :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar