Jumat, 24 Agustus 2012

Bagaimana Perjuangan Masuk Fakultas Teknik ??



 

BAGAIMANA PERJUANGAN MASUK FAKULTAS TEKNIK ??

Setelah saya mengetahui bahwa target saya adalah fakultas teknik khususnya teknik elektro di USU, saya langsung menyusun strategi yaitu mulai dari menyusun jadwal belajar, les, istirahat, dll. Setelah itu saya menempelkannya di dinding kamar saya agar saya bisa melihatnya setiap saat. Untuk selanjutnya saya menjalankan jadwal yang sudah saya buat karena dalam benak saya “AKU HARUS LULUS FAKULTAS TEKNIK USU”. Kebetulan kelas 3 SMA semester 1 kami sudah ada sore di sekolah jadi sehabis pulang sekolah saya beristirahat sebentar lalu mengikuti les tambahan di sekolah. Setelah pulang dari les tambahan di sekolah, saya langsung melanjutkan les di luar sekolah yaitu disalah satu bimbingan belajar. Saya tidak sempat untuk pulang kerumah karena waktu yang sangat mendesak. Karena les, tidak jarang saya harus pulang malam ke rumah. Setelah sampai dirumah saya beristirahat sejenak karena sangat kelelahan dan makan, itupun hanya beberapa menit saja, setelah itu saya lanjut belajar lagi. Begitulah seterusnya yang harus saya lakukan demi keinginan saya.  Belajar ekstra harus saya lakukan karena selain harus mengerjakan tugas sekolah yang begitu banyak dan persiapan untuk Ujian Nasional, saya juga harus fokus dengan SNMPTN, karena hanya melalui itu saya bisa masuk fakultas teknik.
Keesokan harinya saya pergi membeli beberapa buku kumpulan soal-soal SNMPTN di toko buku. Selain itu saya juga sering meminjam buku dari teman-teman dan juga dari abang/kakak kelas saya. Nah, setiap malam dan pagi hari sebelum berangkat ke sekolah soal-soal SNMPTN itulah yang saya bahas di rumah dan buku itu juga saya bawa ke sekolah untuk saya bahas jika ada les kosong di sekolah dan juga waktu reses. Jika ada yang kurang saya mengerti, saya tidak sungkan-sungkan bertanya pada teman-teman dan guru di sekolah. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuanku, setiap minggu saya mengikuti try out SNMPTN. Oh ya teman-teman, sebenarnya dulu saya kurang suka dengan pelajaran biologi dan kimia. Setiap ulangan biologi dan kimia disekolah, nilai saya tidak pernah memuaskan bahkan setiap masuk pelajaran biologi dan kimia saya justru belajar matematika. Hehehe. Namun karena mengikat bahwa Biologi dan kimia ada diujikan dalam SNMPTN, mau tidak mau saya harus mempelajarinya dan saya harus paham. Mulai saat itulah saya berusaha mendalami biologi dan kimia. Saya bersyukur karena lambat laun saya mulai mengerti dengan pelajaran biologi dan kimia meskipun tidak begitu maksimal. Di sekolah saya juga sering bertanya kepada teman-teman yang pandai biologi dan kimia.
Waktu terus berjalan. Tanpa terasa kami sudah akan mengikuti Ujian Nasional di sekolah. Setelah selesai Ujian Nasional, saya langsung berangkat dari perdagangan ke Medan untuk mengikuti bimbingan intensive SNMPTN disebuah bimbingan belajar. Kebetulan saya tinggal di Perdagangan. Saya berangkat dengan semangat yang kuat dan dukungan doa dari orang tua serta keluarga. Karena waktu untuk intensive 1 bulan lebih, saya mencari kos-kosan di dekat tempat saya bimbingan intensive. Selama intensive saya harus benar-benar bisa membagi waktu untuk belajar dan istirahat. Pagi hari saya pergi les dan pulang siang hari, setelah itu sore harinya saya diskusi dengan tentor dan teman-teman sampai malam hari. Begitulah seterusnya selama kurang lebih 1,5 bulan saya intensive. Di sela-sela istirahat, saya membaca buku informasi tentang SNMPTN dan saya melihat bahwa fakultas teknik di USU sangat banyak peminatnya sedangkan daya tampung nya sangat sedikit. Nah, karena itulah setiap malam saya selalu berdoa kepada Tuhan agar saya bisa lulus nantinya di fakultas teknik USU dan saya bisa membanggakan orang tua saya.

Akhirnya pada pertengahan bulan mei pendaftaran untuk SNMPTN jalur ujian tertulis dibuka. Saya langsung segera mendaftar. Setelah selesai mendaftar, barulah diketahui bahwa ujian SNMPTN akan dilaksanakan pada bulan juni. Setelah itu saya langsung pulang dan meningkatkan frekuensi belajar saya. Saya terus membahas soal-soal SNMPTN karena mengingat sebentar lagi akan dilaksanakan ujian SNMPTN. Tak terasa, akhirnya ujian SNMPTN pun dilaksanakan. Saya bangun pagi-pagi sekali, sarapan terlebih dahulu dan tak lupa berdoa. Setelah itu saya langsung berangkat dari kos menuju ke lokasi ujian. Disepanjang jalan saya terus berdoa sambil membawa segudang harapan yaitu lulus SNMPTN 2012 di fakultas teknik USU. Setelah sampai dilokasi ujian, dengan sedikit perasaan was-was saya memasuki ruangan dan duduk. Saya berusaha menenangkan diri saya.

Ujian pun dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam. Setelah selesai, saya pulang ke kos dengan perasaan sedikit lega setelah melewati ujian SNMPTN. Sesampainya di kos saya langsung berdoa dan berharap supaya hasilnya baik. Pengumuman hasil ujian diumumkan 3 minggu kemudian. Waktu terus berlalu dan tibalah pengumuman hasil ujian SNMPTN. Saya langsung buru-buru pergi ke warnet untuk melihat hasilnya dengan perasaan yang sangat tegang dan sangat khawatir. Sebelum melihat hasil, saya berdoa terlebih dahulu. Ternyata saya lulus di USU fakultas teknik program studi teknik elektro. Saya senang sekali dan saya langsung mengucap syukur kepada Tuhan. Perasaan saya sangat lega dan puas dengan hasilnya. Ternyata perjuangan saya selama ini tidak sia-sia. Setelah itu saya langsung memberi tahu kepada orang tua, keluarga, dan teman-teman saya bahwa saya lulus. Mereka sangat senang mendengarnya dan mengucapkan selamat kepada saya. Terima kasih Tuhan. Semoga saya bisa menjalani masa-masa kuliah dengan baik. Amin. 

Teman-teman, itulah pengalaman dan perjuangan saya untuk lulus di fakultas teknik USU. Salam Teknik. Terima kasih.       


1 komentar:

  1. According to Stanford Medical, It's in fact the ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh 19 kilos less than we do.

    (Just so you know, it is not related to genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING to related to "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "what"...

    Click this link to discover if this short questionnaire can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus